Ayo kita lihat 5 hal yang penting untuk memilih sistem akuntansi.memilih sistem akunansi(accounting system) versi Workspez. Apa Anda termasuk pengusaha yang sering mengabaikan pembukuan keuangan bisnis? Jika benar, mungkin Anda lebih sering fokus pada produk dan pemasaran tanpa memperhatikan aliran kas yang masuk setiap harinya.

Jika Anda masih sering mengabaikan pembukuan keuangan, artikel ini sangat berguna bagi Anda.

Saat usaha Anda berkembang dan pembelian meningkat, maka transaksi yang dilakukan bisnis Anda semakin banyak dan besar. Wajib bagi Anda pemilik bisnis untuk memperhitungkan jumlah pemasukan, utang, dan piutang yang Anda miliki agar dapat menghitung jumlah margin, juga meningkatkan profit bisnis Anda secara maksimal.

Ingat, tata cara pembukuan keuangan bukanlah suatu hal yang rumit, tetapi seringkali terbaikan sehingga terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecurangan dalam usaha, tertundanya proses usaha, bahkan kebangkrutan.

Saat ini teknologi telah lama berkontribusi dalam akuntansi. Dahulu, laporan keuangan yang dikerjakan dalam waktu yang cukup banyak oleh seorang akuntan kini dapat terselesaikan dalam waktu yang jauh lebih singkat dengan bantuan teknologi berupa sistem akuntansi (accounting system). Penggunaan sistem akuntansi juga tidak membatasi jenis bisnis yang Anda miliki. Segala jenis bisnis bisa dan sebaiknya sudah menggunakan sistem akuntansi guna efisiensi dan akurasi laporan keuangan perusahaan Anda.

Apakah sistem akuntansi terdengar rumit bagi Anda? Pernahkan terpikir oleh Anda untuk menggunakannya dalam pengerjaan laporan keuangan bisnis Anda? Sebelum Anda memutuskan menggunakan sistem akuntansi, beberapa hal wajib diperhatikan untuk memilih sistem akuntansi terbaik yang akan digunakan oleh bisnis Anda. Di bawah ini adalah 5 hal yang harus diperhatikan dalam memilih sistem akuntansi.

5 Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Sistem Akuntansi

Sesuaikan Fitur Accounting System Dengan Kebutuhan

Karena saat ini sistem akuntansi menawarkan beberapa fitur layanan yang beragam, pastikan fitur yang Anda pilih sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda agar Anda tidak mengeluarkan uang terlalu banyak. Beberapa fitur yang Workspez tawarkan diantaranya adalah mengelola data utang piutang, pajak, faktur, neraca saldo, laporan, dan masih banyak lagi. Anda harus konsultasi terlebih dahulu sebelum memutuskan sistem akuntansi dan fitur apa saja yang bisnis Anda butuhkan.

Memilih Software Online atau Offline

Software akuntansi yang beredar saat ini terdiri dari dua basis sistem, yaitu software yang digunakan secara online atau offline. Apabila Anda memilih software offline, maka Anda harus memasukkan data tersebut langsung dari komputer pusat yang terintegrasi dengan sistem program. Berbeda dengan software online yang bisa Anda kendalikan dari mana saja asalkan memiliki kode aksesnya. Tentunya dari segi efisiensi, software online menjadi pilihan yang tepat.

Kemudahan Akses Sistem

Perlu dicatat bahwa sistem akuntansi digunakan untuk memudahkan para akuntan atau orang lain yang tidak memiliki basic akuntansi. Masing-masing sistem akuntansi memiliki tampilan yang berbeda. Pastikan Anda menggunakan sistem akuntansi dengan tampilan dan cara pengoperasian yang sederhana. Jangan sampai penggunaan teknologi justru menyulitkan Anda dalam pengerjaan laporan keuangan.

5 Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Sistem Akuntansi

Layanan Customer Support

Apabila Anda baru menggunakan sistem akuntansi dan tidak terbiasa dengan pengoperasian computer, maka pastikan Anda menggunakan sistem akuntansi yang juga menyediakan layanan customer support untuk penggunanya. Selain itu, pilihlah sistem akuntansi yang memberikan layanan demo pengoperasian sistem. Tidak jarang jika pengguna baru sistem akuntansi mengalami kendala dan membutuhkan mentor untuk pengoperasian sistem akuntansi. Tim Workspez akan memberikan demo dan pendampingan pengoperasian sistem akuntansi kepada seluruh penggunanya agar terbiasa dan dapat memaksimalkan penggunaan fitur yang dipilih.

Memastikan Biaya Tambahan

Sebelum Anda memutuskan untuk memilih software akuntansi dari salah satu vendor, sebaiknya Anda menanyakan apakah akan ada biaya tambahan di kemudian hari. Karena di beberapa pengalaman, ada software yang menuntut penggunanya untuk mengeluarkan biaya tambahan agar bisa menikmati layanan atau fitur lainnya.

Ringkasan untuk 5 Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Sistem Akuntansi

Demikianlah ulasan yang bisa kami bagikan untuk Anda. Semoga tips memilih sistem akuntansi yang tepat ini bisa memudahkan Anda dalam mengambil keputusan dan memilih vendor penyedia layanan yang terbaik.

Salsabila Larasati
Salsabila Larasati
Daftar ke newsletter kami

Daftar ke newsletter kami

Kami akan mengirimkan artikel seputar akuntansi, pajak, teknologi, dan keuangan

Terima kasih telah daftar ke newsletter kami

Share This

Share This

Share this post with your friends!

X