Perlukah anak perusahaan membuat laporan keuangan konsolidasi? Anak perusahaan adalah perusahaan yang dikendalikan oleh perusahaan induknya. Anak perusahaan bertindak dan beroperasi sebagai entitasnya sendiri, tetapi masih terhubung dengan perusahaan yang lebih besar. Perusahaan induk dapat membuat anak perusahaan dengan salah satu dari dua cara: dengan membuatnya dari dalam perusahaan induk atau dengan mengakuisisi kepentingan pengendali di entitas luar. Ketika ada kepemilikan atau kendali mayoritas, korporasi investor memandu sumber daya, kebijakan bisnis, dan keputusan operasi anak perusahaan.

Bagi perusahaan yang memiliki satu atau lebih anak perusahaan, biasanya akan menggunakan laporan keuangan dalam bentuk laporan keuangan konsolidasi. Prinsip konsolidasian adalah penyajian laporan keuangan yang isinya gabungan dari laporan milik perusahaan induk dan entitas anak perusahaan dalam satu laporan. Sehingga laporan keuangan ini membuat seolah-olah mereka adalah satu entitas. Jika Anda pernah melihat laporan segmen operasi sebuah usaha yang menyajikan pemisahan angka, maka laporan konsolidasi merupakan kebalikannya.

Setiap anak perusahaan harus menyiapkan laporan keuangannya sendiri termasuk neraca, laporan laba rugi, laporan arus kas dan laporan laba ditahan. Informasi ini untuk setiap anak perusahaan kemudian digabungkan dengan menggunakan perangkat lunak konsolidasi untuk membuat laporan keuangan konsolidasi yang mewakili posisi keuangan perusahaan induk.

Penyusunan laporan ini juga memiliki manfaat, di antaranya:

  • Mengetahui efek entitas anak perusahaan terhadap induk perusahaan dalam jangka panjang.
  • Memberikan informasi paling mutakhir kepada tim manajemen perusahaan induk mengenai kinerja anak perusahaan yang dimiliki.
  • Memberikan informasi kepada pihak luar yang membutuhkan.
  • Rasio keuangan berdasarkan laporan ini tidak mencerminkan kondisi entitas yang membentuk konsolidasi maupun induk perusahaan.

Cara membuat laporan keuangan konsolidasi

Pada laporan keuangan konsolidasi, maka terdiri dari neraca konsolidasi, laporan laba rugi konsolidasi, laporan laba ditahan konsolidasi, dan laporan arus kas konsolidasi. Cara menyusun laporan ini adalah dengan meletakkan laporan-laporan keuangan entitas induk dan entitas anak perusahaan secara bersisian dalam sebuah kertas kerja konsolidasi. Penyusunan dapat menggunakan Microsoft Excel atau software akuntansi.

Lalu, bagaimana cara membuatnya? Simak langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Mulai dengan memeriksan laporan keuangan entitas induk dan entitas anak perusahaan secara keseluruhan. Lakukan identifikasi jika terdapat kesalahan atau kelalaian dalam pencatatan, kemudian lakukan penyesuaian.
  2. Sesuaikan laporan dengan melakukan eliminasi terhadap laporan laba-rugi antar tiap perusahaan.
  3. Lakukan eliminasi penghasilan dan dividen dari anak perusahaan.
  4. Kembalikan saldo akun investasi di anak perusahaan ke saldo awal periode.
  5. Lakukan penyesuaian untuk membuat catatan dari bagian kepentingan non pengendali atas laba dan dividen anak perusahaan.
  6. Eliminasi saldo respirokal pada laporan entitas anak perusahaan yang awalnya dilaporkan dalam laporan keuangan entitas induk perusahaan.
  7. Eliminasi ekuitas yang sebelumnya dilaporkan pada keuangan entitas anak perusahaan.
  8. Lakukan alokasi dan amortisasi ketika terjadi selisih nilai.
  9. Lakukan eliminasi pada saldo-saldo respirokal lainnya, seperti utang-piutang, pendapatan dan beban, dan lain-lainnya.

itulah cara membuat laporan keuangan konsolidasi. Perlu diingat, laporan ini hanya dibutuhkan oleh perusahaan yang memiliki anak perusahaan, serta syarat lainnya yang disebutkan di atas. Jika perusahaan tidak memiliki anak perusahaan, atau perusahaan induk tidak memegang kendali atas anak perusahaan, tidak perlu membuat laporan keuangan ini. 

Salsabila Larasati
Salsabila Larasati
Daftar ke newsletter kami

Daftar ke newsletter kami

Kami akan mengirimkan artikel seputar akuntansi, pajak, teknologi, dan keuangan

Terima kasih telah daftar ke newsletter kami

Share This

Share This

Share this post with your friends!

X