Bagi Anda pemilik Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM, proses akuntansi adalah hal yang tidak boleh Anda lewatkan dalam usaha Anda. Akuntansi diperlukan untuk mengatur keuangan Usaha Anda. Akuntansi juga berpengaruh besar terhadap pengambilan keputusan pemilik usaha. Beberapa pemilik usaha mungkin masih belum memahami pentingnya laporan keuangan dalam usaha, untuk mengetahui prosesnya secara sederhana, Workspez merangkum tahap pengerjaan akuntansi untuk UMKM Anda.

  1. Identifikasi Bukti Transaksi

Tahap pertama yang harus Anda lakukan adalah mengidentifikasi bukti transaksi terlebih dahulu, agar semua transaksi yang terjadi dipastikan tercatat sesuai dengan dokumen pendukungnya. Seperti Faktur Penjualan, Kwitansi, Bukti Kas Keluar, Bukti Kas Masuk, Memo Penghapusan Piutang, dan sebagainya dikelompokkan sesuai dengan jenis bukti transaksinya.

2. Analisa Transaksi

Setelah mengidentifikasi, kini Anda harus menganalisis transaksi. Proses analisa ini bertujuan untuk menentukan pengaruh transaksi tersebut terhadap posisi keuangan. Caranya adalah dengan rumus persamaan akuntansi yaitu Aktiva=Kewajiban+Ekuitas. Artinya, Harta=Hutang+Modal.

3. Pencatatan Transaksi ke dalam Jurnal

Penjurnalan adalah mencatat transaksi-transaksi ke dalam buku jurnal secara runtut. Jurnal adalah buku catatan kronologi transaksi secara keeluruhan selama satu periode berjalan. Jurnal terbagi menjadi 2 jenis yaitu jurnal umum dan jurnal khusus.

4. Posting ke Buku Besar

Buku besar merupakan kumpulan akun pembukuan yang mencatat informasi tentang aktiva sesuai kelompoknya. Setiap akunnya memiliki Kode Akun, Nomor Referensi, serta Nama Akun untuk memudahkan proses posting transaksi dari Jurnal ke Buku Besar. Contohnya, Buku Besar Kas hanya akan berisikan informasi mengenai pencatatan yang berkaitan dengan Kas dari Jurnal Penerimaan Kas, dan Jurnal Pengeluaran Kas saja.

5. Menyusun Neraca Saldo

Neraca Saldo berisikan daftar saldo dari akun Buku Besar pada periode tertentu. Anda hanya perlu memindahkan saldo dari hasil akhir Buku Besar per masing-masing akun saldo tersebut dipindahkan sesuai dengan jenisnya yaitu di kolom debit & kredit. Indikatornya adalah balance.

6. Menyusun Ayat Jurnal Penyesuaian & Neraca Saldo Disesuaikan

Proses pencatatan Ayat Jurnal Penyesuaian dalam siklus akuntansi sederhana sama seperti pencatatan pada umumnya. Yaitu disusun dalam Jurnal Penyesuaian dan diposting ke dalam Buku Besar hingga menghasilkan saldo baru pada setiap Buku Besar yang sudah berisikan Ayat Jurnal Penyesuaian. Saldo-saldo tersebut selanjutnya Anda pindahkan ke dalam Neraca Saldo baru, kemudian diberi nama Neraca Saldo Disesuaikan. Dan sama seperti neraca saldo sebelumnya, hasil penjumlahan debit & kredit haruslah balance.

7. Menyusun Laporan Keuangan

Ini adalah tahap inti dari proses akuntansi sederhana sebagaimana hasil dari proses akuntansi yaitu laporan keuangan yang akurat dan dapat digunakan untuk pengambilan keputusan Anda sebagai pemilik usaha. Laporan keuangan memiliki beberapa jenis yaitu Laporan Labar Rugi, Laporan Perubahan Modal, Laporan Neraca, Laporan Arus Kas, dan catatan atas setiap laporan keuangan.

8. Menyusun Jurnal Penutup

Tahap ini adalah tahap terakhir dalam proses akuntansi sederhana. Jurnal Penutup dibuat guna menutup akun-akun nominal, atau Akun Laba Rugi. Caranya dengan men-nol kan akun-akun terkait.

Jadi, penjelasan diatas adalah beberapa tahap dalam proses akuntansi sederhana untuk UMKM. Anda bisa memahami dan menerapkannya dalam usaha Anda. Di zaman serba digital ini, Anda dapat memanfaatkan teknologi yang ada untuk membantu pengerjaan Laporan Keuangan Anda. Karena jika dikerjakan dengan sistem digital, laporan keuangan jauh lebih akurat dan efisien. Solusinya adalah dengan menggunakan sistem akuntansi Workspez. Dengan harga yang terjangkau Anda sudah mendapatkan sistem akuntansi dengan unlimited licenses untuk perusahaan Anda.

Salsabila Larasati
Salsabila Larasati
Daftar ke newsletter kami

Daftar ke newsletter kami

Kami akan mengirimkan artikel seputar akuntansi, pajak, teknologi, dan keuangan

Terima kasih telah daftar ke newsletter kami

Share This

Share This

Share this post with your friends!

X