Pentingnya Customer Service yang credible dan profesional terhadap pelanggan

Customer Service yang credible dan profesional memegang peranan yang amat sangat penting dalam suatu perusahaan. Terlebih perusahaan yang produknya menjual jasa tertentu, seperti jasa konsultan pajak misalnya. Seorang konsultan pajak harus memiliki jiwa customer service. Customer Service memiliki tugas dalam memberi pelayanan dan membina hubungan yang baik dengan masyarakat.

Secara umum, Customer Service adalah aktivitas yang bertujuan memberikan kepuasan pelanggan, melalui pelayanan yang bisa memenuhi keinginan maupun kebutuhan dari pelanggan tersebut. Sehingga seorang yang memiliki pekerjaan dalam pemenuh kebutuhan pelanggan harus selalu memiliki attitude yang ramah dan sabar. Dalam hal ini berarti customer service bukan hanya sebagai title pekerjaan, namun siapapun yang berhubungan langsung dengan pelanggan dalam hal
pelayanan pemenuhan kebutuhan.

Berdasarkan businesscasesstudies.co.uk, ?customer service adalah layanan yang diberikan kepada pelanggan sebelum, selama dan setelah membeli dan menggunakan barang dan jasa. Layanan pelanggan yang baik memberikan pengalaman yang memenuhi harapan pelanggan. Ini menghasilkan pelanggan yang puas. Layanan pelanggan yang buruk dapat menghasilkan keluhan. Hal ini dapat mengakibatkan kehilangan penjualan karena konsumen mungkin membawa bisnis mereka ke pesaing?.

Ciri-ciri pelayanan yang baik terhadap pelanggan

Ramah dan komunikatif

Sikap yang ramah dan komunikatif adalah mutlak bagi seseorang yang memiliki pekerjaan berhubungan langsung dengan pelanggan. Dengan sikap yang positif, pelanggan akan merasa akrab dan betah untuk berkomunikasi karena ada kenyamanan disitu.

Responsif

Menjual jasa seperti konsultansi pajak sudah pasti haruslah memiliki sikap yang responsif. Sebab yang dijual di sini adalah jawaban atas berbagai permasalahan yang timbul di pikiran pelanggan. Sehingga respon adalah jasa yang dijual oleh seorang konsultan.

Penjelasan yang memadai

Memberikan penjelasan yang tidak berbelit-belit adalah sudah sebagaimana yang seharusnya diberikan oleh jasa konsultan pajak. Sebab keputusan untuk menggunakan jasa konsultan pajak karena banyak diantaranya yang kurang mengerti akan perpajakan. Jika penjelasan yang diberikan tidak mudah dimengerti akan membuat pelanggan kabur.

Kepercayaan

Seorang yang menjual jasa melayani pelanggan harus bisa membuat pelanggan merasa percaya. Sebab tujuan utama pelayanan adalah memberikan apa yang mereka inginkan sesuai dengan prosedur standar operasional. Ini akan membuat mereka dapat mengutarakan seluruh keinginan, permasalahan dan apa yang terjadi pada mereka.

Tepat waktu

Waktu adalah uang. Kalimat yang simple tapi sangat berbicara di sini. Seorang pelanggan pasti ingin kebutuhannya segera dipenuhi dan memutuskan untuk menggunakan jasa tertentu sebab mereka ingin segalanya segera selesai. Mereka sudah tidak sanggup lagi untuk mempelajari satu persatu dan mengerjakan semuanya sendiri sehingga mempercayai orang lain agar mengerjakannya dengan sesuai waktu yang dibayarkan dengan uang.

customer service yang credible dan professional

Workspez dalam optimasi layanan customer service yang credible dan profesional

Workspez sebagai perusahaan layanan software akuntansi online berprinsip harus selalu memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggannya. Karena bisnis kami berbasiskan digital atau menggunakan teknologi internet dalam berjalannya, maka komunikasi yang secara responsif dan kemudahan akses adalah keutamaannya. Karena tim kami selalu mengutamakan layanan customer service yang credible dan profesional.

Penggunaan teknologi dan digitalisasi bukan hal yang baru bagi Workspez sebagai penyedia jasa software akuntansi online. Dan tentunya teknologi yang kami gunakan ditujukan untuk mengoptimalisasi pelayanan pelanggan. Seperti yang kita ketahui, di zaman yang bergerak dengan serba cepat waktu adalah uang. Sehingga pelanggan kami bisa mengakses informasi secara realtime tanpa harus menunggu lagi. Ketersediaan informasi real-time membantu pengambilan keputusan yang efektif dan akurat dalam waktu singkat. Pelanggan dapat merasakan layanan yang realtime 24 jam, namun tetap terkesan personal, walau yang sedang melayani adalah sebuah software / robot.

Berkonsultansi masalah perpajakan dengan Workspez (customer experience)

Workspez juga memiliki layanan jasa konsultasi pajak baik untuk pribadi maupun perusahaan. Kami selalu berusaha untuk memberikan konsultasi pajak yang terbaik sehingga pelanggan bisa merasakan manfaatnya. Konsultansi dapat dimulai dari mengetahui apa yang menjadi kebutuhan dari wajib pajak. Setiap wajib pajak yang pergi ke jasa konsultan pajak memiliki kebutuhan dan kepentingan yang beda-beda. Mulai dari kebutuhan akan edukasi, bantuan dalam penyelesaian sengketa, maupun pelaporan pajak. Sehingga dengan mengetahui kebutuhan dari wajib pajak, kami bisa memberikan
pelayanan yang sesuai dan dapat terus meningkatkan layanan.

Terkadang ada beberapa kesulitan yang dihadapi wajib pajak saat akan berkonsultasi dengan konsultan pajaknya. Seperti kesulitan mengatur pertemuan karena saking sibuknya mengurus pekerjaan atau dikarenakan situasi pandemi seperti saat ini yang tidak memberikan kepastian keamanan.

Namun hal tersebut kini tidak perlu dikhawatirkan, karena Workspez memiliki konsultan pajak dengan kemudahan akses bagi setiap pelanggan. Sesi konsultasi bisa dilakukan meski tidak bertatap muka secara langsung, karena konsultasi bisa dilakukan secara digital memanfaatkan seluruh teknologi yang serba canggih saat ini. Dengan kemudahan ini tentunya akan menghemat waktu dan meningkatkan produktivitas pelanggan kami dalam menjalankan bisnis.

Memberikan customer service yang credible dan profesional

Salah satu konsultan pajak yang kami miliki yaitu Wanti Wahyuni, S.E, Ak atau yang biasa dipanggil dengan ibu Wanti. Bergabung sejak tahun 2018, Ibu Wanti kemudian mengawali karirnya di Workspez sebagai tax consultant. Latar belakang pendidikan yang telah ditempuhnya yaitu pendidikan akuntansi dan program profesi akuntan. Beliau juga telah memiliki sertifikasi Brevet A dan B sebagai seorang konsultan pajak. Berdasarkan track recordnya, beliau telah melayani banyak wajib pajak mempercayakan urusan pajaknya kepada Workspez.

Scope pekerjaan yang dilakukan juga tidak sedikit dan tidak mudah. Ragam pekerjaan yang dilakukan oleh Ibu Wanti mulai dari fInalisasi laporan keuangan klien, pertanggungjawaban keuangan internal Workspez, pertanggungjawaban pelaporan perpajakan internal workspez, pertanggungjawaban pelaporan perpajakan seluruh klien, hingga pertanggungjawaban penyelesaian kasus atau permasalahan perpajakan klien. Semua dikerjakan olehnya hingga beres dan tuntas. Gambaran dari salah satu konsultan pajak Workspez menceritakan bahwa kami selalu berusaha memberikan pelayanan yang profesional. Tentunya dengan orang-orang yang memang profesional di bidangnya. Tidak hanya itu, dengan setiap kesempatan dalam mengelola pajak dari pelanggan kami akan dikerjakan dengan penuh kejujuran dan kredibilitas yang tinggi.

Asadia Diajeng
Asadia Diajeng

Asadia bergabung di Workspez sebagai content writer parttime. Setelah lulus kuliah, Asadia menjadi fulltime content writer Workspez. Kuliah di perhutanan dan senang travel, Asadia memang suka menulis blog terutama di bidang traveling.

Daftar ke newsletter kami

Daftar ke newsletter kami

Kami akan mengirimkan artikel seputar akuntansi, pajak, teknologi, dan keuangan

Terima kasih telah daftar ke newsletter kami

Share This

Share This

Share this post with your friends!

X